Kepala intelijen Yunani mengundurkan diri karena tuduhan spyware

Updated On

Kepala dari YunaniBadan intelijen dan sekretaris jenderal kantor Perdana Menteri mengundurkan diri di tengah tuduhan menggunakan perangkat lunak pengawasan terhadap seorang jurnalis dan pemimpin partai oposisi.

Direktur Badan Intelijen Nasional, Panagiotis KontoleonDan Grigoris Dimitriadis, sekretaris jenderal kantor perdana menteri, telah mengajukan pengunduran dirinya, kata kantor perdana menteri. Keduanya diterima.

Kontoleon mengundurkan diri “mengikuti kesalahan yang ditemukan dalam prosedur pengawasan hukum,” kata kantor perdana menteri, tanpa merinci prosedur mana yang diikuti secara tidak benar atau siapa yang mungkin menjadi target pengawasan hukum. Di bawah hukum Yunani, seorang jaksa diharuskan menandatangani pengawasan apa pun.

Kantor Perdana Menteri tidak memberikan alasan Dimitriadis‘ pengunduran diri. Seorang pejabat pemerintah mengatakan itu “terkait dengan iklim beracun yang berkembang di sekitarnya. Tidak ada hubungannya dengan pemangsa (spyware), di mana dia maupun pemerintah tidak terhubung dengan cara apa pun, seperti yang telah dinyatakan dengan pasti.

Pekan lalu, ketua partai oposisi sosialis Yunani PASOK, Nikos Androulakismengajukan pengaduan ke pengadilan tertinggi negara itu yang menyatakan bahwa telah ada upaya untuk mencegat ponselnya dengan spyware Predator.

Androulakis, yang juga anggota Parlemen Eropa, mengatakan dia mengetahui upaya tersebut setelah diberi pengarahan oleh layanan keamanan cyber Parlemen Eropa beberapa hari sebelum mengajukan pengaduannya pada 26 Juli.

Mengungkapkan siapa yang berada di balik praktik-praktik sakit tersebut dan untuk siapa mereka bertindak bukanlah masalah pribadi. Itu tugas demokrasi saya,” kata Androulakis saat itu.

Pada bulan April, jurnalis keuangan Yunani Thanassis Koukakis dia mengatakan dia diberitahu oleh kelompok hak digital Citizen Lab bahwa teleponnya telah diawasi oleh perangkat lunak Predator dari Juli hingga September 2021. Komite Perlindungan Jurnalis telah menyerukan “penyelidikan cepat dan menyeluruh. … (untuk) menentukan yang mengatur pemantauan itu dan membuat mereka bertanggung jawab.”

Linkedin